Senin, 16 April 2012

PASSWORD AWARNESS



Penggunaan password yang aman dan kuat sebenarnya cukup mudah untuk diterapkan. Namun, banyak orang belum terbiasa dengan hal ini.


Password atau kata sandi banyak digunakan untuk proses autentikasi, yaitu suatu proses untuk memastikan seseorang yang akan masuk ke dalam suatu sistem adalah benar - benar orang yang sudah terdaftar secara valid sebagai user dari sistem yang bersangkutan.


Penggunaan password dapat membatasi siapa saja yana boleh memasuki suatu sistem dan mengakses resource ( sumber daya ) tertentu. Sayangnya, masih banyak orang yang menyepelekan aspek kekuatan password.



A. PANDUAN SEDERHANA DALAM MEMILIH PASSWORD

Berikut ini adalah beberapa tips sederhana memilih password dengan tingkat kekuatan yang baik.
1 Pilihlah password yang mudah sampeyan ingat tetapi cukup sulit untuk ditebak

oleh orang lain. Sampeyan bisa memilih kata atau frase yang sifatnya pribadi dan hanya diketahui anda sendiri. Dengan demikian sampeyan bisa sangat mudah mengingat password sampeyan tersebut. Rasanya konyol, bila sampeyan membuat password yang sulit ditebak oleh orang lain tetapi malah sampeyan sendiri tidak dapat mengingatnya. Kejadian ini sering ditemui di hampir sebagian instansi.


2 Pilihlah password dengan jumlah karakter yang cukup panjang. Makin banyak jumlah karakter yang digunakan dalam password, maka makin tinggi tingkat kekuatan dari password yang dimilik i. Beberapa Profesional di bidang IT Security menyarankan untuk memilih password dengan jumlah karakter minimal 8 karakter.

3 Pilihlah password yang memiliki perpaduan antara huruf besar, huruf kecil, angka, dan karakter spesial seperti tanda-tanda baca. Misalnya anda memilih frase " cintasejati "sebagai password, maka bisa meingkatkan kekuatan password dengan melakukan perubahan kecil sehingga menjadi " c1nt4$3Jat1".


B. HAL - HAL YANG HARUS DIHINDARI DALAM MEMILIH PASSWORD

Ada beberapa hal yang harus dihindari dalam memilih password :

1 Jangan pernah memilih Blank Password atau Password kosong. Seringkali ditemui seseorang user merasa malas untuk menghafal password dan akhirnya memutuskan untuk menggunakan blank password kosong untuk account miliknya.
2 Jangan menggunakan password dengan karakter yang bersifat perulangan ataupun berurutan, misalnya : " 12345", " dfgh" ataupun memiliki posisi berurutan pada papan keyboard " asdfgh ".
3 Jangan pernah menggunakan data pribadi yang sifatnya diketahui oleh umum

seperti tanggal lahir, alamat rumah, nama istri, dan data-data sejenis lainnya.


C. KEBIASAAN YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MENJAGA KEKUATAN PASSWORD
Ada beberapa kebiasaan yang sebaiknya mulai dibudayakan untuk menjaga kekuatan dari password:
1 Jangan pernah men-share password yang dimiliki kepada siapapun termasuk pacar sampeyan. Apabila men-sharekan kepada orang lain, maka orang tersebut dapat memasuki sistem menggunakan indentitas sampeyan. Artinya, sistem akan mengindentifikasi orang tersebut sebagai sampeyan dan apapun aktivitas yang dilakukan orang tersebut akan dicatat sebagai aktivitas yang sampeyan lakukan. Bisa dibayangkan bila orang tersebut melakukan aktivitas yang bersifat melanggar hukum, maka tercatat sebagai pelaku adalah sampeyan.


2 Jangan pernah menuliskan password yang anda miliki pada selembar kertas ataupun pada suatu file tertentu tanpa enkripsi sehingga dapat diakses oleh orang lain. Kejadian ini banyak ditemui di beberapa perkantoran dimana seseorang merasa takut melupakan password-nya, maka dia menuliskan pada

sebuah kertas kecil dan menempelkannya di bawah keyboard bahkan ada yang lebih parah yaitu menempelkannya pada layar monitor mereka.


3 Gantilah Password sampeyan secara periodik. Beberapa profesional IT Security menyarankan untuk melakukan penggantian password secara periodik setiap tiga minggu sekali. Password baru TIDAK BOLEH sama dengan lima password
yang sebelumnya pernah digunakan. Misalnya sebelumnya anda menggunakan password " B3b3KG0r3Ng " dan " B3b3P4Gg4nG " maka TIDAK dianjurkan kembali menggunakan " B3b3kG0r3nG " sebagai password berikutnya. Anda baru boleh menggunakannya password tersebut setelah melewati siklus penggunaan password ke-enam.

Special Thank's To : Mas Seno Handoro

0 komentar:

About Me

Foto Saya
rhue^rhue^lee
Lihat profil lengkapku